Cara Membuat Foto Mozaik di Photoshop

Foto Mozaik adalah sebuah foto, biasanya foto potret, yang tersusun dari banyak foto yang lebih kecil. Pada tutorial kali ini, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat sebuah foto mozaik dengan Photoshop. Kelebihan menggunakan Photoshop adalah kita lebih fleksibel dalam mengatur foto dan ukuran pattern mosaic. Tutorial Photoshop ini dibuat menggunakan aplikasi Photoshop CS6. Sebaiknya anda menggunakan, minimal versi Photoshop CS3. 
Cara Membuat Foto Mozaik Dengan Photoshop
Hasil akhir.

Download pattern Mozaik disini dan langsung ke langkah-8
Download PSD disini.





Jika anda menyukai tutorial ini, silahkan subscribe ke channel YouTube - JTSGraph, terima kasih!

1. Siapkan Banyak Foto
Silahkan anda siapkan atau download foto-foto untuk digunakan sebagai pattern mozaik, setidaknya 10 foto berbeda. Anda bisa mendownload foto dari pixabay, stockvault atau rgbstock.

Untuk cara cepat membuat pattern silahkan lihat tutorial cara cepat membuat foto mozaik di Photoshop.

Foto-foto yang digunakan dalam tutorial foto mozaik ini diambil dari situs PixabayStockvaultrgbstock, dan Microsoft Office Images

2. Buat Dokumen Baru
Pilih File>New (atau Ctrl+N). Saya akan membuat dokumen dengan ukuran width: 1500 pixels, height: 1500 pixels, resolution: 300 Pixels/Inch, Color Mode: RGB Color dan Background Contents: White. Klik OK.
Buat dokumen baru untuk pattern mozaik

3. Buat Guide Vertikal
Untuk mempermudah menempatkan foto pada pattern kita akan membuat guide dengan cara memilih menu View>New Guide. Pada jendela dialog New Guide, Pilih radio button Vertical dan isikan Position 12,5%. Klik OK.
Buat Guide secara vertikal

Ulangi langkah ini dengan memilih View>New Guide sampai terbentuk 7 buah guide vertikal. Untuk Position anda isikan setelah 12,5% yaitu, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75% dan terakhir 87,5%. Setelah selesai akan tampak seperti gambar berikut:
Buat tujuh buah guide vertikal

4. Buat Guide Horizontal
Pilih View>New GuidePada jendela dialog New Guide, klik radio button Horizontal dan isikan Position mulai 12,5%, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75% dan terakhir 87,5%. Setelah selesai akan tampak seperti gambar berikut:
Buat guide horizontal

5. Masukkan Foto Pertama
Pilih perintah File>Place. Pada kotak dialog Place, Silahkan browse lokasi foto anda, klik pada foto kemudian klik tombol Place. Akan terbentuk layer baru untuk foto tersebut. Kemudian sambil menekan tombol keyboard Shift, atur posisi foto tersebut pada kotak guide pertama dengan cara meng-klik foto kemudian men-drag foto ke posisi paling kiri dokumen atau pada kotak guide paling kiri atas. Tekan tombol Enter setelah selesai mengatur foto.
Posisikan foto pertama pada kotak guide pertama atau posisi kotak paling kiri atas

6. Buat Seleksi Sesuai Garis Guide
Kita akan membuat seleksi berbentuk bujur sangkar sesuai dengan kotak guide. Untuk memudahkan proses seleksi, pilih View>Snap kemudian lanjut dengan memilih View>Snap to>GuidesDengan cara ini, kotak seleksi akan dengan mudah menempel pada garis-garis guide.

Pilih tool seleksi Rectangular Marquee Tool (M). 
Klik icon Rectangular Marquee Tool

Buat seleksi pada kotak pertama guides dengan cara meng-klik pada sudut kiri atas kemudian drag ke kanan bawah. Langkah selanjutnya adalah membuat layer baru untuk menampung foto dengan cara memilih perintah Layer>New>Layer via copy (atau Ctrl+J). Akan terbentuk layer baru dengan nama Layer 1.
Buat seleksi pada kotak guide kemudian buat layer baru dengan menekan tombol shortcut keyboard Ctrl+J

Anda bisa menghapus layer foto original dengan cara mengklik layer foto original kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.
Klik layer foto original kemudian tekan tombol keyboard Delete

7. Ulangi Langkah ke-5 dan ke-6 Sampai Seluruh Kotak Guide Terisi Foto
Ulangi langkah langkah ke-5 dan ke-6 sampai seluruh kotak guide terisi oleh foto. Hasilnya akan seperti gambar berikut:
Kanvas telah terisi pattern foto mozaik

8. Definisikan Pattern Mozaik
Langkah selanjutnya adalah mendefiniskan pattern mozaik yang telah kita buat agar bisa kita gunakan. Pilih Edit>Define Pattern... Pada kotak dialog Pattern Name, kolom Name isikan nama pattern yang kita inginkan misalnya, Mozaik. Klik OK. Sekarang anda bisa menyimpan dan menutup dokumen Pattern.PSD anda.
Beri nama pattern yang telah kita buat

9. Buka Foto Utama
Pilih File>Open (atau Ctrl+O). Pada kotak dialog “Open”, silahkan klik foto anda kemudian klik Open. 

Sekarang foto anda telah terbuka dalam aplikasi Photoshop pada sebuah layer dengan nama Background. Untuk foto utama, sebaiknya pilih foto berukuran besar agar efek foto mozaik terbentuk dari foto-foto yang kecil. Semakin besar ukuran foto, akan semakin kecil foto-foto mozaik yang menyusunnya. 

Untuk foto utama, saya menggunakan file berikut 139353 yang didownload dari Pixabay.

Langkah selanjutnya buat layer baru untuk diisi dengan pattern mozaik yang telah kita buat. Pilih Layer>New>Layer... (atau Shift+Ctrl+N). Akan terbentuk sebuah layer baru dengan nama Layer 1.
Buka foto kemudian buat layer baru

10. Fill Layer 1 Dengan Pattern Mozaik
Klik Layer 1 untuk memastikannya sebagai layer aktif kemudian pilih Edit>Fill... (atau  Shift+F5). Pada kotak dialog “Fill”, pada menu drop down Use, pilih Pattern. Pada Custom Pattern, pilih pattern mozaik yang sebelumnya telah kita buat kemudian klik OK. Sekarang Layer 1 telah terisi dengan pattern mozaik.
Fill Layer 1 dengan pattern mozaik

11. Desaturate Layer 1, Ubah Blend Mode Dan Atur Opacity
Klik Layer 1 untuk memastikannya sebagai layer aktif. Kemudian kita ubah Layer 1 menjadi berwarna hitam putih dengan cara memilih perintah Image>Adjustments>Desaturate (atau Shift+Ctrl+U).

Ubah blend mode Layer 1 dari Normal menjadi Overlay agar warna Layer 1 bisa menyatu dengan layer di bawahnya yaitu layer Background. Langkah terakhir adalah mengatur opacity Layer 1 jika diperlukan. 

Sampai disini telah selesai efek foto mozaik anda. Selamat mencoba.
Atur blend mode dan opacity

12. Jika Mozaik Terlalu Besar
Jika anda menggunakan foto utama yang berukuran terlalu kecil, maka kemungkinan besar hasil foto mozaik anda menjadi tidak terlalu bagus dimana foto-foto penyusun mozaik akan terlihat besar seperti gambar berikut:
Foto-foto penyusun mozaik terlalu besar

Tetapi anda jangan kuatir, karena solusinya sangat mudah yaitu dengan memperkecil file project pattern anda. Buka kembali file project pattern anda kemudian pilih perintah Image>Image Size (atau Alt+Ctrl+I). Pada jendela dialog Image Size, silahkan anda perkecil ukuran Width dan Height menjadi misalkan masing 400 pixels kemudian klik OK.
Ubah ukuran project pattern menjadi lebih kecil

Langkah selanjutnya adalah kembali mendefiniskan pattern anda dengan memilih Edit>Define Pattern... Pada kotak dialog Pattern Name silahkan anda isikan nama pattern kemudian klik OK.
Definisikan kembali pattern mozaik

Langkah selanjutnya fill kembali Layer 1 dengan pattern baru tadi kemudian desaturate dan ubah blend modenya menjadi Overlay. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah 10 dan langkah 11.
Setelah menggunakan pattern yang berukuran lebih kecil

13. Simpan Dokumen
Simpan project mozaik yang telah anda buat dengan memilih File>Save (atau Ctrl+S). Pada kotak dialog “Save As”, pda menu drop-down “Save in” diatas, silahkan anda browse lokasi folder untuk menyimpan lokasi file, pada kolom “File name” ketik nama file project mozaik anda kemudian tekan tombol Save.

Jangan lupa simpan project anda dalam format dokumen PSD agar kita bisa mengedit di kemudian hari. 

Jika ingin mengupload ke media sosial atau untuk keperluan lain, pilih menu File>Save As dan simpan foto dalam format JPG atau PNG.

Berikut hasilnya:
Cara membuat foto mozaik dengan Photoshop

Aplikasi Mozaik Foto

Banyak aplikasi mozaik foto gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat efek foto mozaik secara instan dan mudah. Diantaranya AndreaMosaic, Pop Art Studio dan PicsArt. Atau anda bisa juga membuatnya menggunakan mozaik foto online seperti EasyMoza, Mosaically, dan Photo-Kako.

Lihat juga Tutorial Photoshop lainnya:

141 komentar:

  1. Saya sdh ikuti caranya tapi kenapa pada saat tahap 5 pemilihan gambar pertama itu saya tidak bisa mengambil gambar
    Terua cma terbuka dl bentuk pdf bkn jpg
    Gimana solusinya
    Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ko aneh jd pdf. buka foto pake menu file>place

      Hapus
  2. Aku udah coba, tapi koq foto mozaiknya ga jadi iya ? Yang muncul foto mozaiknya cuma 6 gambar. Padahal aku bikin yang 8x8.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk foto utama gunakan foto high res. misal 6000 x 4000 pixels

      Hapus
  3. ini bisa ndak fotonya di print satu persatu setelah di edit menjadi mozaic. nanti biar keliatan hand made bgt gitu trus kita beneran nyusun fotonya satu2? bisa ndak. cepat respon :) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di print ya bisalah. Untuk foto utama sebaikya gunakan ukuran besar misal 6000x4000 biar foto mozaik yang membentuknya terlihat kecil

      Hapus
  4. Kok saya jg tidak bisa pada tahap 5 memasukan ftonya? Hanya bentuk pdf saja yang terbuka? Di kotak placenya.. saya memakai ps 7.0 mohon dibantu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan foto .jpeg atau .png
      format .pdf biasa buka foto ilustrator .ai atau eps

      Hapus
  5. Di kotak place nya hanya ada file of type yg bisa dibuka adalah Al, EPS, PDF, dan PDP saja.. selain itu tidak ada choice lain.. mohon dibantu.. saudara memakai ps berapa? Apakah ada kemungkinan krn perbedaan pemakaian seri ps sehingga berbeda cara? Mohon dibantu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan foto .jpeg atau .png
      format .pdf biasa buka foto ilustrator .ai atau eps

      Hapus
  6. yang pas di place gk ada Format jpg nya, brarti Photoshop anda gk bisa, coba pkai photoshop cs3/cs6

    BalasHapus
  7. Terimakasih
    Alhamdulillah Saya sudah bisa :)

    BalasHapus
  8. akhirnya gw bisa juga gan.... makasih yooo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip :) senang kalo tutornya bisa bermanfaat

      Hapus
  9. permisi,, kalo ngerize patternnya bisa ga? biar buat foto utama yg dibawah 6000x4000 bisa dipake. makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya nge-resize pattern? Ya bisa aja buat guide lebih kecil, misalnya 5% horizontal dan 5% vertikal. Jadi banyak foto yang dimasukan ke pattern. lebih cape aja sih

      Hapus
  10. Saya blom bsa yg file place. Versi saya 7,0 . Saya sudah coba pakai format png ttp tidak bsa.. berarti harus gnti versi yaa nih . Mohon bantuannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ganti versi photoshopnya cs3 atau cs6

      Hapus
  11. mas, saya lagi mencoba buat mozaik di ps6 tp pas guide nya itu gak mau kalau pakai % bisanya cm, ukuran yg pas dengan ukuran yg mas contohkan itu brapa cm ya ? atau bisakah di edit menjadi % ? mohon bantuannya. terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. diketik langsung di guides-nya 12,5%. centimeternya di hapus aja

      Hapus
  12. Gak bisa langsung dihapus mas, di ubah dari preference lalu guide di file. lalu edit cm nya jadi %, alhamdulilah akhirnya udah bisa bikin dengan sempurna.. terima kasih banyak atas ilmu yang bermanfaat.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  13. Saya blum punya cs6 .. masih download sofwerenya .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  14. makasih gan, membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  15. Cara ngubah preference lalu guid itu bagaimana ya caranya. Mhon diperjelas tata caranya . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Di Photoshop CS6 Pilih Menu>Edit>Preference>Unit & Rulers. Kolom Rulers diganti jadi Percent.

      Hapus
  16. gan mau nanya nih,ane mau mulai tahap 1 kok keluar pop up scratch disk are full,nah bagaimana ya cara ngatasi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hardisknya full atau gimana? gak ngerti pertanyaannya

      Hapus
  17. Info yang berguna untuk alternatif pembuatan foto mozaik.
    Salah satu teknik yang saya gunakan untuk membuat jasa foto mozaik yang indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  18. bro knp gabisa pake guide 12,5% nya digimanain ya tolong jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake photoshop versi berapa? Di Photoshop CS6 Pilih Menu>Edit>Preference>Unit & Rulers. Kolom Rulers diganti jadi Percent.

      Hapus
  19. Gan, ini supaya hasil print nya bagus di simpannya gimana ya? Soalnya saya simpan malah jadi file .psd
    Terus sebaiknya ini kalau di cuci/print ukurannya berapa ya? Biar gak pecah gituu, makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ormat file photoshop emang .PSD, langsung di print aja hasilnya bagus kok. Bisa juga di File>Save as jadi .JPG kalo mau

      Hapus
  20. Itu biasanya sebaiknya kalo untuk dijadiin pajangan dengan ukuran gede, lebih baik print pakai kertas foto atau print dengan kertas tebal ukuran A3? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake pigura ga bakal keliatan pake kertas foto atau kertas tebal jadi bebas aja

      Hapus
  21. thanks gan tutorialnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  22. punyaku define patern nya kok gk bisa di klik ya , itu gimana? padahal aku udah taruh foto buanyak loh.
    ini terus gimana? kalo mulai dari awal sia" dong :3

    BalasHapus
  23. aku udah pake photoshop cs6

    BalasHapus
  24. Kak kok pas saya masukin 12,5% di new guide kok invalid gitu yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Di Photoshop CS6 Pilih Menu>Edit>Preference>Unit & Rulers. Kolom Rulers diganti jadi Percent. semoga berhasil.

      Hapus
  25. wihhh berhasil, mksh tutor nya ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  26. Ane pakek cs7, pas udh tahap 'place' gak bisa formatnya. Format yg dipakai cuma al, eps, pdf, pdp. Ada alternatifnya biar jadi all format gak? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin photoshop 7 bukan photoshop cs 7. Coba pake cs6

      Hapus
  27. Bermanfaat tutornya ntar saya coba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  28. Kak, waktu thp 9 gmbrnya kok gk jadi kecil2, itu kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk foto utama pilih foto dengan ukuran besar misal width:6000 x height:4000 pixels

      Hapus
  29. Ilmu yang sangat bermanfaat bisa saya jadikan tambahan referensi untuk trik desain grafis.

    Bagi agan yang ingin mendapatkan tambahan trik desain grafis silahkan dilihat di situs berikut : Belajar Desain Grafis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  30. Maaf saya mau tanya saya gag bisa pakek 12,5% pasti pas ok valid gitu bisanya pakek 12% gimana caranya mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake photoshop versi berapa ya? Kalo Di Photoshop CS6 Pilih Menu>Edit>Preference>Unit & Rulers. Kolom Rulers diganti jadi Percent.

      Hapus
  31. thanks gan tutornya. saya udh sukses buatnya. sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  32. Udah berhasil,tapi hasilnya ga trllu memuaskan kyak contoh yg udah jadinya..
    Gambar yg banyaknya itu gak trllu kecil2 malah besar2,itu solusinya gmn ya? Udah ikutin triknya dr awal smpe akhir ko.. Mohon penjelasannya hehe terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih foto utama yang berukuran besar misal 6000 x 4000 pixels jadi foto mozaiknya bisa kecil2

      Hapus
  33. gan bisa minta file psd.mozaiknya

    BalasHapus
  34. saya udah ikuti tutorial diatas. cuma ko pas di foto utamanya cuma 6 foto kalau ukurannya 6000 x 4000. bahkan ukuran 16000 x 14000 pun ga cukup. patternnya aja ampe 1,5 GB kalau di save.
    minta sosusinya bang. saya pake photoshop cs6.

    BalasHapus
  35. Wih ternyata mudah ya, thank u ka tutorialnya hhi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  36. ya ternyata mudah ya buatnya gan saya kira susah. makasi atas tutorialnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  37. mas cara save nya gimana masih bingung saya pakai cs3 mas. mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara save File>Save
      Untuk konversi ke file .jpg File>Save As

      Hapus
  38. gan kenapa ya pada saat saya fill bukan jadi mozaik yang banyak malah ke zoom :( solusinya apa ya? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih foto utama ukuran besar misal 6000x4000 pixels

      Hapus
  39. gan kalo mau gedein resolusi foto dmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu ambil foto pake kamera, pilih resolusi yang gede

      Hapus
  40. cara bikin jumlah guidenya jadi ganjil gimana ya? mohon infonya

    BalasHapus
  41. Gan kok pattern ane di tarok ke gambar polanya gede gede y.. ?? Gk bisa paternya dibuat kecil biar bagus??

    BalasHapus
  42. gan, cara ngatur blend nya dimana ya, jadi bingung ane..>

    BalasHapus
    Balasan
    1. di layer panel ubah dari normal jadi overlay. coba lihat videonya

      Hapus
  43. keren..mas..ane berhasil.. tq ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  44. Tutorial nya gampang banget di mengerti, begitu coba langsung berhasil.
    Thanks gan tutorial nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  45. Keren dan sangat membantu.. Makasih tutornya.. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  46. Work gan! Terimakasih banyak. Cuman masih kurang puas sama hasil blendnya gan, ada saran gan? Kurang nonjok perbedaan warnanya, ga kaya yang dicontoh diatas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan coba pengaturan blend mode yang lainnya. Hasil akan berbeda tergantung foto sumber yang digunakan. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  47. Mantap tutorialnya, makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  48. Place di photoshop saya kok gak bisa ya? Mohon bantuan

    BalasHapus
  49. Ane pakek cs8, pas udh tahap ‘place’ gak bisa formatnya. Format yg dipakai cuma al, eps, pdf, pdp. Ada alternatifnya biar jadi all format gak? Thanks

    BalasHapus
  50. Ane pakek cs8, pas udh tahap ‘place’ gak bisa formatnya. Format yg dipakai cuma al, eps, pdf, pdp. Ada alternatifnya biar jadi all format gak? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti pake photoshop cs6 atau download aja patternnya >> https://goo.gl/F35vbd

      Hapus
  51. Mas, kok aku udah ganti guidenya ke percent tetep gamau kalo diisinya 12,5 tapi kalo 12 bisa

    BalasHapus
  52. zulfiaferdiana@yahoo.co.id12 Februari 2016 pukul 19.20

    langkah masukan foto kok nggak bisa bisa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake photoshop cs6
      kalo ga punya pake metode lain:
      1. Buka foto File>Open
      2. copy foto Edit>Copy
      3. Paste ke dokumen pattern Edit>paste

      Hapus
  53. Copy foto utamanya, bikin layer baru, reolusinya tambahin. semakin besar resolusi semakin banyak foto mozaiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benas mas Ajisap art. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  54. ini cewe dikasih ini klepek klpek.... gua coba ah......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  55. Gan kalo buat PATTERN berbeda atau lebih bisa engga, di satu FOTO ? Kalo gimana caranya ? Thx^^

    BalasHapus
  56. sippp udah bisa ni.. thanks yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mau berkunjung. Selamat mencoba semoga bermanfaat :)

      Hapus
  57. selamat siank gan , mau tanya sya kan pakai cs3 pada tahap ke 5 mohon bimbingan nya, setelah sya sudah mengikuti semua pas sya mau hapus smart object foto kenapa kok gak terseleksi yaa , ???

    mohon di bimbing terima kasih

    BalasHapus
  58. gan tutorialnya udah ane ikutin semua tapi kok patternnya gedek" ya ? Apa foto utama saya kekecilan ya ? cara perbesarnya gimana gan ?

    BalasHapus
  59. KeNapa pas saya masukkan foto yg untuk di jadikan mozaik malah di pattern cuman 4 foto sajaa..?

    BalasHapus
  60. WHY DI PC SAYA GK ADA PHOTO SHOP

    BalasHapus
  61. Bang aku pake ps cs3 pas bikin guide garis birunya itu ga muncul jadi cuma putih polos kaya baground gitu . Gimana ya bang :(

    BalasHapus
  62. "Foto utama ukuran besar misal 6000×4000 pixels"
    Itu ukuran asli dari fotonya sendiri atau bisa edit foto sendiri dibuat pixelsnya segede itu di photoshop?

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto ukuran asli. kalo digedein pake photoshop bakalan pecah gambarnya

      Hapus
  63. Kenapa foto yg ada di file saat ingin di ambil dr file=>place itu tidak ada fotonya

    BalasHapus
  64. Rizqi8938 (twitt/ig)14 Juni 2016 pukul 09.51

    Iya gan sama. Kayaknya daei versi potosopnya 😁

    BalasHapus
  65. mas mozaik pattern yang 10x10 mas kasih itu ga bisa diedit ya?

    BalasHapus
  66. syaefull gumillang14 Juli 2016 pukul 06.31

    ada file psdnya ny gak gan,? boleh di share?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada psd nya nanti nyusul nyari file-filenya dulu

      Hapus
  67. Foto aslinya resize aja, dpinya naikin. Klo ane sih gk pecah. Lagian kan gk keliatan pecahnya.

    BalasHapus
  68. kak mau nanya, awal ikutin tutorial di youtube bisa, trus beberapa kali gak bisa bagus lgi hasilnya. karena pattern nya jadi gede2 banget gtu, aku buat 16 kotak di 25% tapi pas di fill malah jadi kepotong yang tampil cuma 9 dan ukurannya besar, cara mengubah size pattern gmna ya? biar bisa banyak gtu patternnya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. buka file pattern
      2. pilih menu image>image size, isi width 500pixels dan height 500pixels
      3. define patern lagi Edit>Define Pattern

      Hapus
    2. pattern-nya di resize aja jadi lebih kecil, misal 500 x 500 pixels

      Hapus
  69. sangat bermanfaat, sukses terus gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  70. gan mau tanya, cara mengubah ukuran dari square ke ukuran 4:5 gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal diatur Guides-horizontal dengan guides vertikalnya

      Hapus
  71. gan gw udah berhasil tpi cara rubah isi fillnya biar kecil kecil gimana yaa soalnya ga keluar semua foto fillnya kaya ke potong gitu. tx banget gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. buka file pattern
      2. pilih Image>Image size
      3. isikan witdh 500px dan height 500px
      4. coba di fill lagi

      Hapus
  72. kira-kira kalo mau diprint 16R biar gak pecah gimana ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih foto utama yang resolusinya besar jadi gak pecah

      Hapus
  73. Matur sembah nuwun gan, sukses kihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa like, share & subscribe ya

      Hapus